Saat
ini banyak barang yang diangkut di atas jalan, rel dan laut dalam Peti
Kemas (Container) – yaitu semacam krat besar, ada yang berbahan dari
lempengan besi ataupun alumunium dan memiliki ukuran standar diantaranya
20’, 40’ dan 45’. Peti Kemas merupakan cara yang baik untuk mengangkut
barang dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Alat pengangkut khusus
telah dirancang untuk memindahkan peti kemas di antara truk, kereta api
dan kapal laut. Alat ini adalah krangkat raksasa (crane), yang mampu
mengangkat peti kemas sampai seberat 30 ton.
Bangun
utamanya terdiri atas dua pasang kaki yang dihubungkan oleh gelagar.
Kedua kaki gelagar itu adalah “kotak” baja-las panjang. Kaki dan gelagar
itu sendiri berdiri di atas rel mengunakan sebuah bogi beroda-dua
sehingga dapat bergerak dari sebuah gerbong ke gerbong lain sepanjang
rangkaian kereta api.
Sebuah tempat kemudi -disebut kepiting-
berjalan di tengah-tengah roda atas di sepanjang gelagar yang melintang
mengangkut peralatan pengerek untuk mengangkat peti kemas. Peti kemas
digantungkan pada unit, yang disebut unit penjepit-pengungkit, dan
diletakkan di ujung tali pengerek yang berdiri tegak. Dari ruang
pengemudi ini terdapat konsol kembar yang dapat mengatur semua operasi
pengangkutan dan pemindahan. Karena pemuatan dan pembongkaran peti kemas
dilakukan selam 24 jam sehari dan di dalam segala cuaca, maka ruang
kemudi harus nyaman dan dilengkapi dengan kursi bersalut, pengatur suhu
ruangan, alat anti kabut serta pembersih kaca depan.
Bogi
kaki, kepiting dan alat pengerek digerakkan oleh motor listrik. Arus
listrik dihasilkan oleh generator motor besar. Ada kalanya juga
generator ini digerakan oleh mesin disel. Ketika bekerja, pengemudi
menggerakkan kepiting sampai gigi penggerak langsung berada di atas peti
kemas yang akan dipindahkan. Lalu peti kemas digandeng berjalan ke
tempat peti kemas yang semestinya dipindahkan.
Berikut
ini adalah beberapa contoh krangkat raksasa yang diletakkan sesuai
dengan penggunaannya untuk memindahkan tumpukan peti kemas :
Digunakan
untuk memindahkan peti kemas dari satu truk ke truk yang lain. Untuk
pemindahan peti kemas dari terminal satu ke terminal yang lain dalam
jarak yang dekat, proses ini suka disebut sebagai OB (overbrengen).
Digunakan
untuk memindahkan peti kemas dari dalam kapal laut, kemudian diletakkan
di pinggiran dermaga dan siap untuk diangkut oleh truk.
Digunakan
untuk memindahkan peti kemas dari gerbong barang kereta api untuk
diletakkan di atas chasis truk, begitu juga sebaliknya.
Sekian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar