Fakta tentang Kereta Api Indonesia
kereta Api Indonesia memiliki fakta yang unik. dimulai dari kereta, lokomotif, hingga rute perjalanannya. keistimewaannya sudah saya sajikan dalam artikel ini. berikut :
- kereta api penumpang terjauh di Indonesia diraih oleh KA Krakatau (Merak-Kediri), kemudian disusul Gajayana (Malang Kota Baru-Gambir (Jakarta) ), KA Matarmaja dan Majapahit (Malang Kota Baru- Pasar senen)
- Stasiun Purwakarta merupakan stasiun yang memiliki keistimewaan. yaitu sebagai kuburan kereta KRL ekonomi yang sudah uzur.
- kereta api terjauh di Indonesia diraih oleh kereta barang semen (Nambo - Banyuwangi Baru). perjalanannya membutuhkan waktu 23-24 jam, jarak sekitar 1000 km, penggantian lokomotif selama sekali, dan penggantian masinis/shift sebanyak 5-6 kali (maaf apabila masih ada kesalahan).
- KA Serayu merupakan kereta yang memiliki fasilitas terbaik walaupun pada saat pemasangan fasilitas AC kereta ini melakukannya paling akhir.
- kereta komuter terpadat dan terbesar diraih oleh Jakarta, disusul Surabaya, kemudian Solo/Yogyakarta.
- track Solo Balapan-Yogyakarta Tugu merupakan jalur double track tertua di Indonesia. sehingga jalur ini merupakan jalur paling aman. selain itu, akan dipasang kabel listrik pada tahun 2015. tetapi hanya sekedar wacana saja. tetapi elektrifikasi sinyal telah jadi pada awal 2016 lalu.
- jalur terpadat rel kereta berada di jalur Cikampek-Jatinegara dan waktu terpadat terjadi pada waktu malam hari.
- kereta dengan tujuan stasiun terminus di jakarta terbanyak diraih di Bandung dengan frekuensi sebanyak 18 kali (termasuk tambahan), disusul Surabaya dengan frekuensi sebanyak 16 kali (termasuk kereta pagi dan malam).
- Kereta yang paling bermasalah adalah kereta Empu Jaya (sekarang menjadi kereta Progo) dan lokomotif paling bermasalah adalah CC 201 45
- Kereta api Bangunkarta adalah satu-satunya kereta yang "naik pangkat" dengan urut. dimulai dari ekonomi full, kemudian ekonomi-bisnis, lalu full bisnis, kemudian bisnis-eksekutif, dan akhirnya full eksekutif.
- lokomotif CC 201 mulai pensiun pada tahun 2017
- Argo Wilis merupakan satu-satunya Argo yang tidak melayani rute dari/ke jakarta.
- kereta kelas Argo yang masih bertahan memakai loko CC 203 adalah Argo Bromo Anggrek, Argo Wilis, Argo Parahyangan, dan Argo Jati
- selain kereta kelas eksekutif, kereta kelas ekonomi mempunyai bentuk-bentuk kereta yang berbeda seperti model KRD MCW 301.
- Kereta Fajar Utama Semarang dan Senja Utama Semarang sudah digantikan penuh dengan kereta menoreh.
- Harga kereta kelas Bisnis dan Ekonomi AC sama. dan kedua kelas ini saling bersilang dalam fasilitasnya (seperti apabila Bisnis hanya memiliki AC Split, Ekonomi AC memiliki AC Central yang tingkat dinginnya cukup kuat walaupun suhu yang panas. begitu pun sebaliknya, apabila Ekonomi AC memiliki kursi tegak, Bisnis memiliki kursi miring yang sangat nyaman untuk tidur).
- Kereta kelas ekonomi AC merupakan pengembangan kelas kereta terakhir. dan kereta pertama yang menggunakan kereta kelas ini adalah Bogowonto
- bentuk kepala KRD kereta kepresidenan hampir mirip dengan KRL Hitachi.
- KRL BN Holec merupakan KRL yang paling banyak dimodifikasi menjadi KRD/KRDE seperti Prameks, Sriwedari, Baraya Geulis, Rencang Geulis, dll
- PJL terunik berada di Yogyakarta yang terkenal dengan cara geser
- Lokomotif CC 300 merupakan lokomotif diesel hidrolik buatan Indonesia yang memiliki kelebihan. yaitu tahan banjir (kecuali yang ditarik adalah kereta Bisnis dan Ekonomi PSO), memiliki daya yang dapat melebih daya CC 206, dan dapat menghidupkan listrik satu kereta (artinya nanti tidak dibutuhkan pembangkit)
- kereta api Kertajaya merupakan satu-satunya kereta ekonomi PSO yang mendapat gelar ekspres.
- kereta api Matarmaja pernah merangkai kereta Ekonomi AC Kemenhub. namun hanya sebentar saja. selain itu, kereta ini merupakan satu-satunya kereta yang merangkai KM1/M1, P/BP, dan kereta bagasi Satwa.
- kereta api termewah diraih oleh KA Mutiara Utara yang sekarang menjadi Sembrani dan sekarang digantikan oleh Gajayana.
- Kereta Api Sembrani pernah mendapatkan kereta baru khususnya sebanyak 2 kali. yaitu ombak biru dengan jendela pesawat dan ombak lumpur dengan jendela pesawat. namun karena Argo Bromo Anggrek kekurangan rangkaiannya, akhirnya kereta ini diberi kepada Argo Bromo Anggrek.
- lokomotif paling ningrat adalah CC 206 13 87 dan 88 karena kedua loko ini menarik rangkaian kereta KLB RI 1.
- sebagian besar kereta mutiara utara dijadikan 2 model. yaitu model eksa biru (seperti bisnis) dan kawis (kereta wisata) nusantara.
- kereta satwa dan eksa biru mulai dirombak menjadi Argo. untuk membedakannya, lihat angka digit ke 3 dan 4 pada angka seri suatu kereta. apabila digit tersebut 65/68 adalah eksa biru, dan dibawah 95 adalah Satwa. semisal K1 06501. maka produksi kereta ini terjadi pada tahun 1965.
- Kereta Api Bima merupakan kereta pertama yang merangkai gerbong pembangkit dan kereta tidur.
- diantara seluruh lokomotif indonesia, yang mendapat kritikan paling banyak adalah CC 206. loko ini sebenarnya adalah loko barang. namun sekarang dirangkai pada kereta kelas Argo. alasannya adalah loko CC 201, 203, 204 mulai turun pangkat, penyebab utama terusirnya loko CC 204 batch 2, dan tidak terlalu sesuai dengan fungsinya (yaitu sebagai lokomotif barang)
- alokasi lokomotif CC 204 batch 1 terbanyak berada di DAOP VI YK.
- saat ini, sudah ada 4 desain seragam PT KAI yang bertahan sampai sekarang ini. seragam PJKA lebih banyak dipasang di loko hidrolik pelangsir kereta. seragam Oranye Bitu lebih banyak dipasang di DIVRE III TNK. Seragam PT KAI lama hanya beberapa saja yang belum terpasang seragam PT KAI yang baru. dan yang PT KAI baru sudah banyak dipasang di seluruh lokomotif (terutama di pulau jawa)
- desain seragam PT KAI baru terbanyak terdapat di lokomotif CC 204.
- Kereta Api Jayabaya merupakan kereta Ekonomi AC pertama yang seragamnya didesain khusus, menghubungkan stasiun Surabaya Gubeng dan Pasarturi secara bersamaaan dan kereta terakhir yang diluncurkan oleh Bapak Ignasius Jonan
- Kereta Api Kalijaga merupakan satu-satunya kereta yang berhenti di Stasiun Kedungjati. stasiun ini merupakan stasiun tertua di Indonesia dan terdapat persimpangan menuju Ambarawa yang sedang dihidupkan kembali
- Kereta Satwa yang diupgrade menjadi Argo adalah Argo Lawu (Solo Jaya) dan Argo Dwipangga (Dwipangga)
- Kereta Api Bangunkarta merupakan satu-satunya kereta kelas eksekutif yang melewati jalur Solo Jebres- Semarang Tawang
- Kereta Api KRD Kedung Sepur (Gubug-Weleri) merupakan KRD kelas 1 kedua setelah ARS Sriwedari. tetapi baru 50 hari kereta ini berhenti karena minimnya okupansi.
- hanya kereta Bima yang pernah merangkai kereta tidur
- Bapak Ignasius Jonan merupakan Dirut PT KAI pertama yang menjabat sebagai menteri perhubungan
- Jalur kereta terunik di Indonesia ada 3 yaitu : jalur Lempuyangan-BY Pengok YK yang melewati jalur kampung dan tidak berpalang, Purwosari-Solo Kota yang melintas di pinggir jalan Slamet Riyadi, sekarang digunakan untuk Sepur Kluthuk Jaladara (kereta wisata), dan jalur langsiran stasiun Madiun.
- kereta api krakatau merupakan satu-satunya kereta yang melewati 6 provinsi (atau setara satu pulau jawa) sekaligus (Jatim-Jateng-DIY-Jateng-Jabar-DKI Jakarta-Banten)
- jika
saja seluruh jalur kereta di pulau Jawa sudah double track, maka waktu
tempuh sebuah kereta rute Jakarta-Surabaya bisa sampai 7-8 jam (utara)
dan 8-10 (selatan*)
* : karena frekuensi kereta api di jalur selatan sangat tinggi ketimbang di utara - kereta api Cirebon Ekspres (khusus Tegal - Jakarta) diganti menjadi Tegal Bahari. tetapi Cirebon Expres tetap berangkat
- kereta Api Krakatau dan Jaka Tingkir sama-sama berdiri berawal dari status kereta tambahan dan kelas kereta (K3 Kemenhub).
- TIPS !!! bagi yang ingin beli tiket kereta secara online, sering-seringlah hapus cookie browser pada browser internet. karena dapat meningkatkan harga jika anda sering-sering membuka web tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar